Jumat, 12 Mei 2017

Wisata Sekaligus Mengobati Penyakit kulit Di Tasikmalaya

Gunung Galunggung mempunyai daya tarik wisata yang sangat cantik dan tentunya kepunyaan Kota Tasikmalaya. 

Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya. Terdapat beberapa daya tarik wisata yang ditawarkan antara lain obyek wisata dan daya tarik wanawisata dengan areal seluas kurang lebih 120 hektaree di bawah pengelolaan Perum Perhutani. Obyek yang lainnya seluas kurang lebih 3 hektar berupa pemandian air panas (Cipanas) lengkap dengan fasilitas kolam renang, kamar mandi dan bak rendam air panas.

Meletus pada tahun 1894
  • Di antara tanggal 7-9 Oktober, terjadi letusan yang menghasilkan awan panas.
  • Lalu pada tanggal 27 dan 30 Oktober, terjadi lahar yang mengalir pada alur sungai yang sama dengan lahar yang dihasilkan pada letusan 1822.

Gunung Galunggung memiliki 2 buah anak tangga di bagian 2 sisi yang berbeda sebelah kiri dan kanan tangga ini memiliki jumlah anak tangga yang berbeda tetunya, jumlah anak tangga yang sebelah kanan memiliki  620 anak tangga sedangkan yang sebelah kiri berjumlah 510 anak tangga.

Dipuncak gunung galunggung terdapat kawah yang konon katanya menyimpan suatu misteri yang sampai saat ini belum terpecahkan.

Tahukan anda bahwa di kawah gunung galunggung terdapat 1 masjid yang letakna lumayan jauh, karena persis di pojok kawah dan berada di bawah tebing. Masjid tersebut merupakan tempat tinggal dari kuncen kawah gunung galunggung. Menurut keterangan yang pernah berkunjung kesana, tempatnya begitu indah, terdapat air jernih dari mata air yang di tampung dalam suatu kolam yang di tengah-tengahnya terdapat pancuran yang sangat cantik.

Sebenarnya dulu sudah pernah di buatkan jalan dan jembatan untuk menuju ke lokasi tersebut, akan tetapi jalan dan jembatan tersebut sudah rusak di terjang banjir. Yang tersisa hanya separuh jalan dan tugu selamat datangnya saja. Tugu selamat datang yang menuju ke masjid kawah gunung galunggung bertuliskan assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh menggunkan bahasa arab berwarna putih betulisan biru dan di pinggir tugu terdapat bendera merah putih yang berkibar di atas pohon.

Menurut para penjelajar yang pernah singgah dan kemping di kawah gunung galunggung, masih banyak binatang-binatang yang tinggal disana, akan tetapi yang terlihat haya sekelompok orang utan atau moyet saja. Ketika menjelang malam suasana di kawah gunung galunggung berubah sangat derastis dan mencekang, entah kenapa perasaan yang tadinya biasa saja menjadi luar biasa ketikapada malam hari. 

Sebenarnya kawah gunung galunggung mempunyai 3 buah anak tangga, akan tetapi yang terlihat dari luar hanya 2 buah anak tangga saja, sedangkan anak tangga yang ke 3 berada di dalam kawah yang akan turun menuju terowongan air kawah gunung galunggung di tangga sebelah kiri, kalau anda dari arah luar.
 
Tentunya anak tangga sebelah kiri memiliki pemandangan yang lebih bagus selain jumlahnya tangga yang sedikit dari tangga dari sebelah kanan, anda juga bisa turun kebawah kawahnya langsung, anda juga di suguhkan dengan air tenjun kawah galunggung yang cantik.

Selain menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah, anda juga bisa beremdam di air pemandian kawah gunung galunggung yang hangat, yang letaknya berada di bawah setelah kanan setelah anda melewati pintu masuk wisata gunung galunggung.

Pemandian air panas tersebut sering di manpaatkan warga atau para wisata sebagai obat penyembuhan penyakit, di antaranya ; penyakit rematik, asam urat, penyakit kulit dan lain-lain. Karena sumber mata air pemandian air panas di kawah gunung galunggung di datangkan lansung dari panas belerang bekas lutusan gunung galunggung.

Nah tentunya anda tertarik bukan, saya sebagai warga asli kota tasikmalaya juga tidak bosan-bosannya pergi ke Gunung galunggung, karena gunung galunggung masih menyimpan ke indahan lainnya yang belum nampak kepermukaan saat ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar